Soal | Pembahasan Soal UAS Geografi Desa Kota Tahun 2010 – 2011


1.     Jelaskan unsur-unsur pembentuk desa!
Jawab:
Unsur pembentuk desa adalah daerah, penduduk, dan tata kehidupan.
Daerah menyediakan potensi alam yang dapat dimanfaatkan penduduk untuk memenuhi dan menunjang kebutuhan hidupnya.
Penduduk adalah sekelompok orang yang menempati suatu daerah sehngga memiliki tata kehidupan ataupun adat istiadat yang biasanya digunakan sebagai landasan kontrolsosial.
Tata kehidupan merupakan seperangkat aturan yang dibuat oleh penduduk untuk kepentingan bersama dalam hidup bermasyarakat. Dengan tata kehidupan ini diharapkan kehidupan penduduk / masyarakat desa menjadi harmonis / serasi.
Menurut Bintarto, desa memiliki tiga unsur utama yang meliputi daerah, penduduk, dan tata kehidupan.
a. Daerah (Wilayah)
Daerah yang dimaksud berupa lahan yang produktif maupun yang tidak produktif, termasuk penggunaan tanah, letak, luas, dan batas lahan di lingkungan setempat. Unsur daerah meliputi lahan di desa, misalnya lahan pekarangan, persawahan, tegalan, dan permukiman.
b. Penduduk
Unsur desa ini meliputi jumlah, pertambahan, kepadatan, persebaran, dan mata pencaharian penduduk desa setempat. Unsur ini terkait dengan kualitas dan kuantitas penduduk desa.
c. Tata Kehidupan
Tata kehidupan desa berupa pola tata pergaulan dan ikatan-ikatan pergaulan penduduk desa. Tata pergaulan berkaitan dengan selukbeluk kehidupan masyarakat desa (rural society). Tata kehidupan ini erat kaitannya dengan usaha penduduk desa dalam mempertahankan hidup dan meningkatkan kesejahteraan. Ketiga unsur tersebut merupakan satu kesatuan hidup (living unit). Kemajuan desa dipengaruhi oleh unsur-unsur tersebut terutama yang berkaitan dengan faktor usaha manusia (human efforts) dan tata geografi (geographical setting) (Aninomous, 2012).


2.    Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu desa!
Jawab:
Faktor yang mempengaruhi perkembangan desa diantaranya adalah usaha manusia (human effort), dan keadaan geografis (geographical setting).
Faktor usaha manusia berfungsi untuk mengelola potensi-potensi alam yang dimiliki daerah, sedangkan faktor keadaan kondisi geografi berfungsi sebagai penyedia sumber daya alam seperti air, tanah, tata kehidupan, lokasi, tanaman dan hewan.

3.    Jelaskan pola keruangan desa dan factor-faktor yang mempengaruhinya!
Jawab:
Pola keruangan desa dintaranya adalah pola memanjang, pola radial atau melingkar, dan pola menyebar.
Pola memanjang biasanya dipengaruhi oleh letak desa yang dekat dengan jalan raya atau dekat pantai, karena faktor produksi banyak terdapat di dekat jalan raya atau pantai, sehingga pola keruangan (pemukiman penduduk) memanjang mengikuti garis pantai atau jalan raya.
Pola radial atau melingkar biasanya terjadi karena potensi alam yang disediakan alam berbentuk central (memusat), misalnya seperti pemukiman yang dekat dengan pasar akan melingkar di sekitar pasar.

4.    Jelaskan factor-faktor yang mempengaruhi interaksi desa-kota!
Jawab:
Di dalam blognya, Indah menjelaskan faktor yang mempengaruhi desa –kota  menurut Edward Ullman adalah sebagai berikut:
1.  Adanya wilayah-wilayah yang saling melengkapi (regional complementary)
Terjadi pada wilayah2 yang berbeda dalam keterbatasan atau kemampuan sumber daya, antara wilayah yang surplus sumber daya dan wilayah yang minus sumber daya. (Indah, 2009)
Daerah perkotaan biasanya menyediakan barang jadi yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan seperti barang elektronik, pakaian, dan kebutuhan lainnya, sedangkan desa menyediakan biasanya menyediakan bahan makanan pokok dan tenaga kerja.
2.  Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity)
Adanya factor yang menghambaaat interaksi antar wilayah, sehingga harus diisi wilayah lain untuk memenuhi kebutuhannya.
3.  Adanya kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang (spatial transfer ability) .
Kemudahan pemindahan dalam ruang baik berupa manusia, gagasan maupun informasi. Hal ini dipengaruhi oleh :
a. Jarak mutlak dan jarak relative antar wilayah
b. Biaya angkutan atau transportasi antar wilayah.
c. Kemudahan atau kelancaran angkutan


4.  Jelaskan factor-faktor yang mempengaruhi majunya suatu desa!
Jawab:
Faktor-faktor yang menentukan kemajuan desa sebagai berikut.
a. Potensi Desa
Potensi desa mencakup sumber daya alam dan sumber daya manusia. Penduduk desa dan pamong (aparatur) desa merupakan sumber daya manusia yang sangat menentukan kemajuan desa.
b. Interaksi dengan Daerah Lain
Interaksi dapat terjadi antara desa dengan desa, serta desa dengan kota. Perkembangan komunikasi dan transportasi memudahkan interaksi desa dengan daerah lain sehingga desa semakin maju.
c. Lokasi Desa
Lokasi desa berkaitan dengan letak desa terhadap daerah di sekitarnya. Desa akan lebih berkembang apabila lokasinya berdekatan dengan daerah yang lebih maju. (Aninomous, 2012)

Referensi :
Aninomous. 2012. Potensi Desa & Kaitannya dengan Perkembangan Desa-Kota: Blog (online) (http://texbuk.blogspot.com/2012/02/potensi-desa-kaitannya-dengan.html diakses pada 03 Juni 2012).
Purnamawati, Indah. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi: Blog (online),(http://indahpurnamawati.blogdetik.com/2009/11/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-interaksi Diakses pada 03 Juni 2012)